Rabu, 23 Desember 2015

Isu Terkini Tentang Teknologi Informasi



  • Perkembangan Teknologi Informasi
                                                       Terbaru: Koran Gambar Bergerak
Source : teknologi.gravisware.com
        Sekelompok ilmuwan teknologi informasi di Industrial Technology Research Institute (ITRI) telah menemukan layar monitor setipis kertas. layar monitor ini juga bisa ditekuk dan digulung seperti layaknya kertas biasa tanpa rusak sedikitpun. Sehingga hasil teknologi komputer ini mampu disatukan dengan kertas koran untuk menampilkan gambar bergerak bak poster hidup di film Harry Potter. Layar monitor tipis ini dinamai FlexUPD. kelak teknologi terbaru ini diharapkan dapat mengurangi berat dan ukuran e-reader dan tablet PC. Layar tipis ini diklaim dapat diintegrasikan dengan beberapa teknologi. layar monitor terkini seperti LCD, LED, bahkan OLEDs (organic light-emitting diodes). Anatomi layar monitor tertipis di dunia ini terdiri dari lapisan-lapisan mikro film transistors yang dilekatkan pada selembar materi fleksibel. Sehingga layar monitor ini tidak kaku dan dapat memiliki tingkat fleksib ilitas seperti kertas. karena tipis dan ditambah dengan teknik layout dan percetakan terbaru, maka akan sangat mungkin bagi FlexUPD untuk ‘ditempelkan’ ke kertas koran untuk menampilkan gambar hidup maupun film yang berhubungan dengan berita yang tengah disajikan dalam koran tersebut.

  • Teknologi Informasi
          Teknologi Informasi adalah Setiap teknologi yang membantu menghasilkan, memproses, menyimpan, mengkomunikasikan atau menyebarkan informasi dan pencarian kembali informasi 
  • Komputasi Multimedia
    1.  Komputasi Multimedia adalah Pemrosesan secara matematis  Informasi multimedia seperti  pengolahan citra/ grafis 2D dan 3D, Video, animasi, game, musik,  TV interaktif dsb.
    2.  Teknologi Informasi Multimedia (bidang aplikasi ) :
- Pendidikan (E-Learning)
- Pemerintahan (E-Government)
- Bisnis (E-Commerce)
 - Entertainment
- Medis
- Engineering
- Dll.
  • GREEN ICT
1.      ICT 
      adalah kepanjangan dari Information and Communication Technology atau yang biasa dikenal dengan Teknologi Informasi dan Komunikasi.
2.      Green ICT  
       merupakan sebuah konsep yang di kaitkan dengan upaya mengurangi konsumsi energi dan sumber daya alam lainnya, di samping emisi dan sampah yang dihasilkan dari kegiatan di bidang teknologi informasi dan komunikasi Pengaplikasiannya tersebar luas di berbagai proses bisnis, intinya pengusaha atau siapapun yang terkait dengan bidang ICT diharapkan mampu melakukan Efisiensi untuk mendukung pelestarian lingkungan di sekitarnya
Contoh :
email sebagai bentuk peduli lingkungan dalam hal pengurangan penggunaan kertas, (shg mengurangi penebangan pohon sbg bahan dasar kertas)
Telekonferensi à dapat mengurangi biaya perjalanan dan berdampak pd penurunan emisi karbon dan pemanasan global (dampak dari kendaraan)

  • Trend Perkembangan Sektor ICT
          Digitalisasi, komputerisasi dan packet-based switching merupakan fundamental perubahan teknologi menuju revolusi teknologi komunikasi.
      ·        Digitalisasi
           Perubahan dari analog ke digital merupakan persyaratan dasar untuk semua perubahan teknologi di sektor ICT. Digitalisasi memungkinkan:
             1. Terintegrasinya berbagai layanan yang berbeda-beda dalam satu jaringan.
             2.  Efisiensi dalam pengembangan jaringan (core maupun access network).
Tiga teknologi utama yang penting dalam merealisasikan digitalisasi teknologi dan infrastruktur komunikasi adalah:
                            1. Teknologi kompresi (Compression)
                              2. Teknologi modulasi (Modulation)
                           3. Teknologi Forward Error Correction (FEC)
     ·        Mobile Standard First Generation (1G)
Berbasis teknologi analog .Standar yang berbeda dikembangkan di berbagai negara. Nordic Mobile Telephone (NMT) merupakan standar 1G pertama yang beroperasi pada band 450 MHz, kemudian disusul dengan 900 MHz (NMT-900)
      ·        Mobile Standard Second Generation (2G)
Berbasis teknologi digital. Dengan teknologi ini sumberdaya transmisi digunakan dengan efisien, baik dalam pengembangan standar audio, maupun teknologi modulasi digital. 2G pertama kali dikembangkan sebagai standar bersama yang digunakan di Eropa, yaitu GSM (Global System for Mobile). Sekarang standar ini digunakan di banyak negara
     ·        Mobile Standard Evolution of 2G (2.5G)
Menggunakan pengembangan teknologi untuk meningkatkan kapasitas bandwith jaringan untuk dapat menyediakan layanan baru . 
         ·    W-CDMA (Wideband Code Division Multiple Access)
W-CDMA adalah metoda akses yang ditentukan oleh ITU sebagai platform teknis utama untuk UMTS atau layanan bergerak generasi ke-3.
          ·   CDMA2000 (Code Division Multiple Access 2000)
CDMA2000 (dengan nama ITU sebagai IMT-2000 CDMA Multi-Carrier) merepresentasikan teknologi yang meliputi CDMA2000 1X dan CDMA2000 1xEV
          ·     Mobile Services
1G and 2G digunakan untuk layanan voice yang berbasis circuit switched network. Sedangkan pada 2G layanan SMS juga merupakan layanan yang penting.  
           ·      Next Generation Networks (NGN)  
Meliputi semua perkembangan teknologi baru jaringan, infrastruktur akses baru, dan bahkan layanan baru .Definisi yang pertama masih sangat umum, mencakup semua hal yang berkaitan dengan trend teknologi. Sedangkan definisi kedua lebih berkaitan dengan arah transisi menuju konvergensi jaringan core dan akses berbasis IP.
          ·   WiFi (Wireless Fidelity)
Jaringan Wi-Fi telah berkembang dengan pesat di negara-negara industri maupun negara berkembang . Memiliki coverage normal 50-100 meter (indoor) dan tergantung dari standar yang digunakan, memungkinkan kapasitas 11 sampai 54 Mbps .

Tidak ada komentar:

Posting Komentar