Rabu, 23 Desember 2015

E-Commerce


• Definisi E-Commerce
   Electronic Commerce (EC) adalah “proses pembelian, penjualan atau pertukaran produk, jasa dan informasi melalui jaringan komputer”
• Perbedaan e - commerce vs e – business
   E-Commerce --> Mencakup segala kegiatan jual beli dan pertukaran informasi bisnis secara elektronik, termasuk internet.
   E-Business --> Memiliki definisi yang lebih luas dari e-Commerce , Mencakup segala aspek yang ada di dalam e-Commerce, plus bagaimana cara menjalankan bisnis (proses internal dalam organisasi).
• Teknologi E-Commerce


• Electronic Markets
   Penggunaan teknologi informasi dan komunikasi untuk melakukan / menyajikan penawaran dalam suatu segmen pasar .
• EDI (Electronic Data Service)
   merupakan sistem standarisasi pengkodean transaksi perdagangan sehingga memungkinkan adanya komunikasi langsung dari sistem komputer ke sistem komputer yang lain antar organisasi.
• Internet Commerce
  Penggunaan internet yang berbasis teknologi informasi dan komunikasi untuk kegiatan pengiklanan dan penjualan produk dan jasa.
• Keuntungan e-Commerce
   Bagi organisasi / penjual
   1. Membuat pasar nasional ataupun international menjadi semakin mudah dicapai.
   2. Menurunkan biaya proses, distribusi, dan pengumpulan informasi.
  Bagi konsumen / pembeli
   1. Akses yang sangat luas (world-wide) terhadap sejumlah besar produk dan jasa.
   2. Home shopping and delivery
• Batasan e-Commerce
   Secara teknis Belum adanya standarisasi keamanan transaksi,Kurangnya bandwidth untuk koneksi, Mahalnya biaya akses.
• Tipe – tipe e-Commerce
  1. Business to Consumer
  2. Business to Business
  3. Consumer to Consumer
  4. Business to Employee
  5. E-Government
  6. Mobile Commerce (M-Commerce)
• Jenis Model Bisnis eCommerce
   Menurut Michael Rappa, model bisnis dalam eCommerce dibagi menjadi :
   1. Brokerage ,Advertising, Infomediary
   2. Merchant, Manufacturer, Affiliate
   3. Community, Subscription, Utility
   Pada sebuah strategi situs web terkadang kombinasi antar beberapa model bisnis digunakan untuk menghasilkan keuntungan bagi organisasi.
• Model Bisnis eCommerce
   1. Brokerage
       Merupakan membawa pembeli dan penjual pada satu tempat yang sama dan menjadi fasilitator transaksi.Model penghasilannya terutama dari biaya persen per transaksi yang terjadi.
   2. Advertising
       Merupakan pengembangan dari model broadcasting (penyiaran)tradisional.Dalam hal ini yang menjadi broadcaster (penyiar) adalah situs web yang menyediakan content (isi) dan service (layanan) dikombinasikan dengan advertising message (iklan) yang terletak di banner.
   3. Infomediary
       Merupakan data mengenai pembeli dan kebiasaan membeli mereka sangat penting, data tersebut kemudian digunakan sebagai bahan analisis. Hasil analisis tersebut dijual ke pihak ketiga yang memerlukan.
   4. Merchant
       Merupakan model bisnis ini merupakan bentuk elektronis dari penjualan barang secara grosir maupun eceran (retail). Penjualan bisa melalui harga yang ada maupun melalui lelang
   5. Manufacturer
       Merupakann perusahaan brick and mortar, yang sudah mempunyai basis industri sendiri dan membuat web untuk beberapa tujuan.
   6. Affilite
       Merupakan model bisnis yang memungkin afiliasi antar situs web e-Commerce untuk melakukan promosi / penjualan diInternet.
   7. Community
       Merupakan berbasiskan pada kepuasan pengunjung situs, pada beberapa kasus pengunjung merupakan penyumbang isi dan pendapatan dari situs web tersebut.
   8. Subscription
       Merupakan pengunjung membayarkan sejumlah uang pada saat akan mengakses situs tersebut.Isi dari situs tersebut merupakan informasi yang bernilai tinggi . Pengunjung dikenakan biaya berdasarkan dengan banyaknya fasilitas yang diakses pada situs web tersebut. Umumnya situs web untuk payment gateway untuk kartu kredit.

Tidak ada komentar:

Posting Komentar